Kamis, 07 April 2016

PERBEDAAN ROMA KATOLIK DAN NAZARENE INDONESIA




PERBEDAAN
NO
POKOK PERBANDINGAN
GEREJA ROMA KATOLIK
NAZARENE INDONESIA (GNI)
PENJELASAN
1
ASAL TAHBISAN (SMIKHA)
Mar Kefa (Petrus) yang diteruskan ke Mar Linus di ROMA
Mar Kefa yang diteruskan ke Gereja Syria ANTIOKIA dan Mar Thoma yang diteruskan ke Gereja Assyria MESOPOTAMIA
SAMA-SAMA Gereja Rasuliah yang didirikan oleh para rasul di abad awal.
2
CORAK PENGAJARAN DAN PERIBADATAN
LATIN
SEMITIK (ARAMAIK+IBRANI)
Jemaat Perdana di abad 1 adalah umat Yahudi berbahasa Aramaik bukan Latin. Saat pengijilan merambah ke banyak belahan bumi, barulah injil diterima di berbagai budaya termasuk LATINISME.
3
BUNDA GEREJA
KLAIM DIRINYA ADALAH BUNDA GEREJA
BUNDA GEREJA SCR ORGANISASI ADALAH JEMAAT YERUSALEM, SECARA ROHANIAH ADALAH ROH KUDUS
Roma Kat berani dengan sombong menyatakan bahwa dia adalah Bunda Gereja hanya karena mendapatkan Tahbisan dari Mar Kefa. Padahal Sebelum Kefa ke ROMA, beliau telah menjabat sebagai Uskup I di ANTIOKIA.
4
LITURGY (SIDDUR) PERIBADATAN
LATIN RITUS LITURGY, terdiri dari Format Biasa (mengikuti Missale Romanum th 1970, diajarkan oleh Paus Paul VI) dan Format LuarBiasa (mengikuti Missale Romanum th 1962, diajarkan oleh Paus John XXIII)
SIDDUR MAR YAKUB HATZADIQ TH 50 MASEHI
Siddur Mar Yakub (Uskup I Yerusalem) adalah siddur yang paling tua dan menjadi pedoman penyusunan siddur lainnya.
5
MASUK KE INDONESIA (Nusantara)
Sejak th 1534 (Abad 16) di Maluku, di bawa oleh Bangsa Portugis.
Gereja Syria melalui jalur perdagangan sempat masuk ke Nusantara, Kota Barus di abad 7-8 menghilang. Diterus kembali di tahun 2014 saat Putri Gereja Syria di Australia mengutus Mar Nicholas Lumbantoruan ke Indonesia untuk menjadi uskup.
Injil tidak seharusnya dibawa dengan mendompleng tentara atau penjajah. Injil dibawa oleh para Uskup yang diutus (Aram: Shlikha; Arab: Rosul)
6
BUNDA MIRIAM (MARIA)
Sebagai THEOTOKOS (Bunda Alaha), penebus bersama Yeshua, dan sebagai RATU SORGA
Sebagai IMAMSHIKHA (Bunda Mesias), menolak title 'penebus bersama', apalagi 'RATU SORGA'.
Yang tercatat Luk 1:43 "Siapakah aku ini sampai ibu Tuanku (bukan Ibu Alahaku) datang mengunjungi aku?". Istilah RATU SORGA yang memerintah di Sorga juga berbeda dengan pemahaman Nazarene sbb yang memerintah HANYALAH ALAHA. Posisi Miriam setara dengan para Kadosa (The Saints) lainnya.
7
TRINITAS
TRINITAS, Tuhan itu satu dengan 3 Pribadi: Bapa-Putra-Roh Kudus
Tlithatayutha (Tla-Qnume): Bapa-Putra-Roh Kudus.
Alaha itu SATU dengan 3 ASPEK (Aram: Qnume). Perhatikan bahwa ajaran jemaat awal adalah di dalam Aramaik, jadi harus pakai kacamata Aramaik dlm memahami yg paling tepat. Alaha bukanlah suatu Pribadi (Persopa). Aspek bukanlah Pribadi.
8
ROH KUDUS
BERSIFAT NETRAL, 1 Pribadi Alaha
BERSIFAT FEMINIM, 1 QNUME (aspek) dari Alaha
Roh dalam Aramaik dan Ibrani BERSIFAT WANITA. Jadi Alahota (Keilahian) itu selain mengandung aspek Sang Ayah, juga Sang Bunda. LENGKAP. Saat kitab suci diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain, termasuk Latin maka kata 'Roh' menjadi BERUBAH MAKNA.
9
PAUS TIDAK BISA SALAH (infallibility of the Pope)
MEMEGANG DOKTRIN Paus tidak bisa salah dalam mengajar
Menolak ajaran Paus tidak bisa salah
Semua manusia bisa salah, para Imam, para Uskup, Konsili yang dipimpin manusia. Yang tidak bersalah hanyalah Alaha. Oleh karena itu GNI memegang 3 Pilar Iman dalam mengajarkan kebenaran, yaitu: Kitab suci, tradisi suci, dan pewahyuan suci yg datang dari para Nabi. Pengajaran manusia tidak bisa salah adalah bentuk AROGANSI yang harus dihilangkan dari dalam jemaat Maran.
10
PILAR IMAN
kitab suci, tradisi suci, dan MAGISTARIUM
kitab suci, tradisi suci, dan PEWAHYUAN SUCI
 MAGISTARIUM artinya adalah PIHAK YG BERWENANG khususnya Imam dan Uskup Gereja Roma Katolik dalam mengajar dan menafsirkan ayat-ayat Kitab Suci. Jemaat Roma diajarkan bahwa merekalah pemilik MAGISTERIUM yang tidak bisa salah! Ajaran Gereja Rasuliah lain bisa saja salah. Memangnya siapa mereka? Tuhan? Sementara Jemaat Nazarene Indonesia melestarikan Pilar Iman PEWAHYUAN atau peran kenabian sbb JAWATAN KENABIAN ini harus tetap ada sbg penyambung pesan Alaha kepada jemaat.
11
SABBATH
DIPINDAH KE HARI MINGGU
TETAP MEMELIHARA SABBATH
TIDAK ADA PERINTAH YESHUA DAN PARA RASUL untuk memindahkan Sabbath Sabtu. Sabbath tetap Sabtu, mengingat dan merayakan kebangkitan Yeshua di hari Minggu juga perlu. GNI menguduskan Sabbath dan juga merayakan Hari Maran di Minggu.
12
REINKARNASI
MENOLAK REINKARNASI
MELESTARIKAN AJARAN REINKARNASI
MELESTARIKAN AJARAN REINKARNASI Sebab ajaran ini sudah tercatat di dalam TANAKH (kitab PL) dan dianut kaum Yahudi termasuk Nazarene awal.
PERSAMAAN
NO
POKOK PERBANDINGAN
GEREJA ROMA KATOLIK
NAZARENE INDONESIA (GNI)
PENJELASAN
13
PENGAKUAN IMAN
MENGAKUI PENGAKUAN IMAN RASULI TH 70 M DAN PENGAKUAN IMAN NIKEA 325 M
Karena GNI meyakini jawatan kenabian itu tetap seperti di PL dan awal PB, maka para nabi bisa menjelaskan lebih jauh tentang penyingkapan yang Alaha berikan. Hal ini membuat adanya Pengakuan Iman Kesukupan yang jauh lebih dalam, namun tidak bertentangan dengan 2 Pengakuan Iman sebelumnya.
14
KEIMAMATAN MELKISEDEK
MELESTARIKAN KEIMAMATAN MELKISEDEK
MELESTARIKAN KEIMAMATAN MELKISEDEK, di mana Yeshua dianggap sbg Imam Besar Melkisdek. Jemaat BUKANLAH Imam.
15
SAKRAMEN (QADISHOTIM)
ADA 7 SAKRAMEN
1. Baptis Air, 2. Baptis Roh Kudus, 3. Pengakuan Dosa, 4. Pernikahan, 5. Tahbisan Rasuliah, 6. Peminyakan orang sakit, 7. Perjamuan Suci
16
TRADISI ROTI PERJAMUAN
MEMBUAT ROTI TIDAK BERAGI untuk Qurbana Qadisha
Ini sesuai dengan Perjamuan Suci, malam terakhir yang dilakukan oleh Yeshuadan para murid. Sementara Gereja Ritus Yunani dan Coptic memakai RAGI shg rotinya mengembang.
17
KEPEMIMPINAN
TIDAK DIPIMPIN OLEH PENDETA, MELAINKAN USKUP
Semua Uskup Agung, Kardinal, atau Paus adalah para Uskup. Semua SETARA dalam jenjang keimamatan. Hanya berbeda dalam hal administrasi organisasi Gereja.


ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar